Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bahayanya Kebocoran Data Diri Pribadi
Cek Status Pinjaman di OJK
Sering-sering Ubah Password Akun Penting
Laporkan ke BI Checking
Tingkatkan Keamanan Data Pribadi
Laporkan Kejahatan Pencurian Data Pribadi ke Pihak Kepolisian
Nggak Usah Takut Data Dicuri! Penuhi Kebutuhan Harianmu dengan JULO Kredit Digital

Data Pribadi Tercuri dan Bocor? Begini Nih, Cara Melindunginya!

data pribadi tercuri

Di era digital ini, data pribadi menjadi komoditas berharga yang rentan disalahgunakan. Salah satu modus penipuan yang marak terjadi adalah pencurian data pribadi untuk diajukan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Jika kamu khawatir data pribadimu telah dicuri dan disalahgunakan untuk pinjol ilegal, jangan panik! Berikut beberapa langkah dari JULO Kredit Digital yang bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadi.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Bahayanya Kebocoran Data Diri Pribadi

Praktik jual beli data diri ini sebenarnya bukan barang baru; bukan merupakan modus kriminal yang baru. Bahkan, meski objek kejahatannya bisa berbeda-beda, tetapi ini adalah salah satu bentuk kejahatan yang cukup lawas dan sering terjadi, seiring teknologi informasi lahir dan berkembang.

Maka dari itu, penting mengetahui beberapa langkah untuk melindungi data pribadi. Yuk, simak di bawah ini!

Cek Status Pinjaman di OJK

Langkah pertama adalah mengecek status pinjaman kamu di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mengakses situs Page OJK atau bisa melaporkan melalui email, atau telepon OJK.

Jika terdapat pinjaman atas nama kamu tanpa sepengetahuanmu, segera laporkan ke OJK. Hal ini penting, karena OJK adalah otoritas tertinggi transaksi keuangan. Semua aktivitas mencurigakan dan berpotensi pidana, OJK akan bisa bertanggung jawab dan memberikan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Apa itu SLIK OJK? Kenali Fungsinya!

Sering-sering Ubah Password Akun Penting

Jika kamu curiga data pribadimu telah bocor, segera ubah password akun-akun penting seperti email, media sosial, dan perbankan. Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun, ya!

Password adalah syarat utama atau gerbang menuju data-data privasi kamu. Semua jaringan internet, pasti terhubung dengan kata kunci rahasia. Ubah password secara berkala, memberikan keamanan ekstra. 

Tips lainnya, usahakan password jangan dicatat di handphone dan gunakan karakter-karakter yang abstrak namun mudah diingat.

Laporkan ke BI Checking

Laporkan pencurian data pribadi ke Bank Indonesia (BI) melalui layanan BI Checking. Hal ini untuk mencegah data diri kamu disalahgunakan untuk membuka rekening bank atau pengajuan kredit.

BI Checking sendiri merupakan catatan informasi debitur, yang mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit (kolektibilitas). BI Checking dulunya adalah salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID), di mana informasi kredit nasabah tersebut saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan.

Tingkatkan Keamanan Data Pribadi

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan keamanan data pribadi kamu:

  • Hati-hati saat membagikan data pribadi: Hindari membagikan data pribadi kepada sembarang orang atau pihak yang tidak terpercaya.
  • Gunakan antivirus dan firewall: Pasang antivirus dan firewall yang terpercaya untuk melindungi perangkat kamu dari malware dan virus.
  • Berhati-hati saat mengklik tautan: Jangan sembarangan mengklik tautan yang tidak dikenal, terutama dari email atau pesan singkat.
  • Gunakan password yang kuat: Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun.
  • Pantau aktivitas akun: Pantau aktivitas akun kamu secara berkala dan laporkan jika ada transaksi mencurigakan.

Ambil promo beasiswa: Bagikan Ceritamu, Raih #BISATERUS RAMEI BEASISWANYA!

Laporkan Kejahatan Pencurian Data Pribadi ke Pihak Kepolisian

Jika kamu menjadi korban pencurian data pribadi, segera laporkan kepada pihak berwenang terkait, seperti kepolisian atau Badan Reserse Kriminal (Bareskrim Polri).

Isi Saldo Digital Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Top up GoPay, OVO, ShopeePay, dan LinkAja hingga Rp50 juta hanya di JULO

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat melindungi data pribadi kamu dari pencurian dan penyalahgunaan dalam layanan pinjol. Ingatlah, selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakan internet dan layanan online lainnya.

Nggak Usah Takut Data Dicuri! Penuhi Kebutuhan Harianmu dengan JULO Kredit Digital

Nikmati kemudahan transaksi fitur Pinjaman Online Langsung Cair dari tarik dana sampai isi ulang dompet digital - semudah klik di layar smartphone! Apa aja sih, keunggulan JULO Kredit Digital?

  1. Limit Besar. Dapatkan limit pinjaman online besar dalam sekali pengajuan. Cukup dengan isi form dan lengkapi data diri, semua langsung beres!
  2. Tenor Panjang. Bayar cicilan pinjaman online langsung cair jadi makin mudah dengan tenor panjang hingga 9 bulan. Selain itu, tanggal bayar juga fleksibel dan bisa disesuaikan dengan tanggal gajian.
  3. Bunga Rendah. Fitur pinjaman online langsung cair di JULO memiliki bunga rendah mulai dari 0,1% per harinya. Bayar cicilan pun jadi semakin ringan!

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Bayar Biaya Pendidikan Pakai JULO Paylater

Kamu bisa leluasa bayar berbagai biaya pendidikan yang kamu miliki dengan JULO, karena limit JULO bisa sampai dengan Rp50 juta!

Artikel Lainnya