Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
7 Tips Kredit Mobil Bekas, Aman dan Tanpa Ribet
Pilih Dealer Terpercaya
Periksa Kondisi Mobil
Siapkan Uang Muka
Lengkapi Persyaratan Dokumen
Pilih Leasing Terpercaya
Pahami Simulasi Kredit
Baca Perjanjian Kredit dengan Seksama
Anggaran Beli Kendaraan Bekas Terbatas? JULO Solusinya!

Mau Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Mudah? Catat Tips Berikut!

kredit mobil bekas

Memiliki mobil pribadi memang menjadi dambaan banyak orang. Bagi kamu yang ingin punya mobil tapi terkendala budget, kredit mobil bekas bisa menjadi solusi yang tepat.

Persyaratan kredit mobil bekas pun dapat bervariasi, tergantung pada dealer dan lembaga pembiayaan. Pastikan kamu tanya dulu kepada dealer atau lembaga pembiayaan tentang persyaratan spesifik mereka, ya!

7 Tips Kredit Mobil Bekas, Aman dan Tanpa Ribet

Nah, sebelum mengajukan kredit mobil bekas, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan agar prosesnya aman dan tentunya mudah. Berikut syarat yang harus kamu penuhi:

Pilih Dealer Terpercaya

Langkah pertama jika kamu ingin kredit mobil bekas adalah memilih dealer mobil bekas yang terpercaya. Pastikan dealer tersebut memiliki reputasi baik dan legalitas yang jelas.

Kamu bisa mencari informasi tentang dealer melalui internet, rekomendasi dari teman, atau membaca ulasan dari konsumen lain. Dealer mobil bekasi yang punya reputasi baik, tentu banyak dikunjungi oleh calon pembeli. Di sana, kamu bisa melihat, apakah dealer tersebut sering licik/curang/bohong atau memang sesuai fakta pasar.

Periksa Kondisi Mobil

Sebelum mengajukan kredit, pastikan kamu memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Perhatikan kondisi fisik mobil, mesin, interior, dan kelengkapan dokumennya. Jika memungkinkan, ajaklah orang yang mengerti tentang mobil bekas untuk membantu kamu memeriksa kondisinya.

Seringkali, calon pembeli hanya mengecek surat-surat resminya saja. Cek kendaraan secara menyeluruh, termasuk mesin, rangka, dan body. Kalau perlu, bayar jasa inspeksi mobil bekas, untuk melihat apakah mobil aman digunakan atu harus diperbaiki terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Kredit dengan Tepat

Siapkan Uang Muka

Uang muka atau DP (Down Payment), merupakan dana awal yang harus kamu bayarkan saat mengajukan kredit. Besaran uang muka biasanya bervariasi tergantung jenis mobil, tahun, dan kondisi mobil. Semakin besar uang muka, semakin ringan angsuran bulanan yang harus kamu bayarkan.

Terkadang pun, uang muka hanya persyaratan yang memang harus kamu penuhi di awal-awal. Namun, kamu harus hitung juga, lembaga kredit mana yang kira-kira memiliki bunga yang kompetitif. Hal ini, akan mempengaruhi kamu untuk meningkatkan atau mengurangi jumlah uang muka.

Lengkapi Persyaratan Dokumen

Dealer mobil bekas biasanya akan meminta beberapa dokumen untuk memproses pengajuan kredit mobil bekasmu. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  1. KTP
  2. KK
  3. Slip gaji
  4. Bukti penghasilan lainnya
  5. Fotokopi rekening bank

Jika penawaran kredit terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian. Berhati-hatilah terhadap penawaran yang mencurigakan dan selalu lakukan riset sebelum membuat keputusan.

Pilih Leasing Terpercaya

Setelah melengkapi dokumen, kamu bisa memilih leasing atau perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Bandingkan suku bunga, tenor, dan biaya-biaya lainnya yang ditawarkan oleh beberapa leasing. Pilihlah leasing yang menawarkan program kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Sebenarnya, jangan hanya terpaku pada satu leasing! Bandingkan penawaran kredit dari beberapa leasing yang telah bekerja sama dengan dealer mobil tersebut, untuk mendapatkan suku bunga terbaik dan persyaratan yang paling menguntungkan.

Pahami Simulasi Kredit

Sebelum menandatangani perjanjian kredit, pastikan kamu memahami simulasi kredit dengan baik. Simulasi kredit akan menunjukkan besaran angsuran bulanan, total bunga yang harus dibayarkan, dan jangka waktu kredit.

Setelah memahami simulasi kredit/pembiayaan, ketika kamu membeli mobil bekas dengan kredit, penting untuk mempertimbangkan anggaran juga. Pastikan kamu mampu membayar cicilan bulanan dengan nyaman tanpa membebani keuangan kamu!

Coba JULO PayLater: Produk yang Bisa Kamu Beli dengan JULO PayLater!

Baca Perjanjian Kredit dengan Seksama

Sebelum menandatangani perjanjian kredit, pastikan kamu membaca seluruh isi perjanjian dengan seksama. Pahami semua poin-poin penting dalam perjanjian, seperti hak dan kewajiban kamu sebagai debitur, serta konsekuensi jika kamu terlambat atau menunggak pembayaran angsuran.

Perhatikan juga terkait dengan suku bunga, jangka waktu pinjaman, biaya tambahan, dan penalti pelunasan dini, ya!

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Berencana membeli kendaraan bekas, namun anggaran terbatas? Nggak perlu cemas, karena ada solusinya! Kamu bisa mengajukan pembiayaan dari lembaga keuangan terpercaya yakni JULO Kredit Digital yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Prosesnya cepat dengan syarat-syarat yang mudah.

Anggaran Beli Kendaraan Bekas Terbatas? JULO Solusinya!

Beli motor secara kredit dari e-commerce favoritmu, bayarnya belakangan pakai JULO Kredit Digital! Nggak perlu khawatir mikirin anggaran yang terbatas karena ada JULO Kredit Digital yang akan menjadi solusi tepat untukmu! Caranya:

  1. Klik fitur ‘E-commerce’ di aplikasi JULO dan pilih logo E-commerce (contoh: Shopee)
  2. Tambah Virtual Account dengan pilih Bank dan masukkan kode nomor pembayaran Virtual Account dari Shopee
  3. Masukkan nominal, jangka waktu tenor. Terakhir, konfirmasi pembayaran dengan PIN dan tanda tangan.

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Bayarnya Belakangan Pakai JULO Kredit Digital!

Miliki kendaraan impianmu sekarang pakai JULO PayLater lewat e-commerce kesayanganmu. Pastinya mudah dan ringan!

Artikel Lainnya